Yang perlu diketahui untuk memulai bisnis baru

Digital Website Developer & Internet Marketing

Yang perlu diketahui untuk memulai bisnis baru

jasa bikin website murah bekasiMenjalankan usaha memang memberikan Laba yang besar bagi pelakunya. Namun untuk menggapai hal tersebut dibutuhkan upaya yang gigih dan besar pula. Hal ini yang membuat beberapa orang sudah mundur dahulu sebelum memulai usaha. Modal yang besar, perjuangan yang sulit, hasil yang tidak pasti dan lain sebagainya  menjadi faktor penyebabnya.

Padahal seperti yang diketahui banyak orang, sebagian pemilik usaha yang sudah maju  sekarang ini memulai bisnis dari tempat yang kecil dengan modal minim. Bahkan sebagian orang memulai usaha dari nol. Memang ada sebagian risiko yang akan dihadapi di awal memulai bisnis. Akan tetapi dengan kerja keras dan gigih, semuanya bisa  terbayarkan dengan bisnis yang maju dan laba yang terus meningkat.

Cara memulai bisnis sendiri perlu diawali dari bertanya pada diri sendiri.  Apa tantangan dan rintangan paling berat dalam memulai usaha sendiri? Bukan tidak ada dana,  bukan tidak ada ide baru. Yang paling susah adalah mempertahankan kerajaan bisnis yang sudah kita bangun,  agar tetap bertahan dalam bisnis walaupun menghadapi banyak rintangan. Bagaimana cara memulai  bisnis atau usaha sendiri supaya tidak mudah putus asa ?

Membangun bisnis sendiri,memerlukan waktu, tidak bisa instan. Kenapa orang memilih memulai bisnis mereka sendiri ?
Ada proses yang harus dilewati dalam memulai dan membangun usaha. Mulai dari memikirkan rencana awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut.  Dalam proses ini, banyak sekali rintangan dan cobaan. Baik dari dalam pebisnis sendiri maupun  yang datang dari luar.

Saat usaha sedang susah, biasanya keuangan rumah tangga kena imbasnya. Yang dulunya bisa ke butik  setiap minggu, atau berlibur keluar negeri setahun dua kali, sekarang harus dibatasi, atau bahkan ditiadakan sama sekali untuk berhemat keuangan bisnis. karena itu Keluargalah yang paling merasakan dampaknya. Dan reaksi keluarga ikut menentukan terus tidaknya  bisnis tersebut.

Keluarga yang tidak mendukung pasti selalu mengeluh dan tidak mau kompromi. Saya melihat  beberapa orang yang akhirnya gulung tikar dari berbisnis karena tekanan dari keluarga, yang ingin  tetap mempertahankan gaya hidup, tidak mau prihatin, padahal kondisi keuangan sedang tidak  bagus.

Sebaliknya, keluarga yang mendukung, memberikan suport dan yang paling penting  mau ikut prihatin. Mereka tahu bahwa kesulitan sekarang akan mendatangkan kebahagiaan  yang lebih besar dikemudian hari.

pelatihan internetSebelum memulai bisnis tentukan dulu barang atau jasa apa yang ingin Anda jual kepada konsumen.  Anda bisa menentukan ini dengan lebih dahulu melakukan riset pasar. Agar lebih terlihat dan berbeda  dengan yang lainnya, Anda bisa menjual produk yang berguna ataupun unik.

Selain itu Anda bisa memilih untuk menjual sesuatu yang memang Anda senangi atau Anda punyai.  Selain karena menyenanginya, nantinya Anda pun akan lebih bersemangat
dan mau menghadapi berbagai cobaan sehingga bisa lebih cepat meraih kesuksesan.

Setelah menentukan barang, maka persiapkan ide yang matang serta visi dan misi yang jelas.
Ketiga hal ini merupakan kunci sukses sebuah bisnis. Dengan menentukan ide serta visi dan misi,  Anda mempunyai bayangan serta tujuan yang ingin diraih di masa depan, mulai dari target pasar,  ide pemasaran dan lain sebagainya.

Dengan membuat ketiga hal ini Anda bisa melaju sesuai jalur dan tetap fokus. ide,visi dan
misi yang jelas juga akan memudahkan Anda ketika melakukan pinjaman, mendapatkan investor,  dan menilai apakah bisnis Anda memungkinkan untuk dimulai dan selanjutnya dikembangkan.

Beberapa orang takut memulai usaha karena membayangkan modal yang dianggap cukup besar.  Padahal tidak semua bisnis memerlukan modal yang besar. Jika Anda mempunyai kendala  dalam mendapatkan modal, Anda bisa memulai dari bisnis kecil-kecilan di rumah atau memanfaatkan  media sosial yang gratis untuk melancarkan promosi usaha anda.

Catat dan hitung secara detail apa saja bisnis yang Anda butuhkan dan besar biayanya.  akali juga biaya-biaya yang akan digunakan agar lebih cermat. Contohnya jika Anda  membutuhkan sebuah gerobak. Gerobak yang akan dipakai untuk operasional bisnis tidak harus baru.  Anda memang perlu bekerja lebih keras untuk memperoleh gerobak bekas yang pas untuk bisnis Anda.

Tapi semua itu akan terbayarkan dengan penghematan biaya yang akan diperoleh.  Hal ini juga berlaku pada bahan baku. Jangan ragu untuk berkeliling ke berbagai tempat  demi mendapatkan bahan baku yang lebih ekonomis dengan kualitas terbaik.

Ketika melakukan hal-hal baru seperti memulai bisnis, wajar saja jika ada satu atau dua hal yang masih terlewati dan beberapa hal yang masih diawam. Biasakan untuk menulis detail-detail barang,  operasional, kegiatan serta tantangan yang Anda hadapi. Catatan ini nantinya bisa digunakan untuk mengingatkan apa yang terlupa, harus dibeli dan dilakukan serta dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Mengambil keputusan untuk memulai bisnis memang mempunyai risiko yang cukup besar.  Namun jika dari awal Anda sudah merasa takut gagal, bisa jadi usaha kedepannya pun akan gagal.  Anda harus bisa meyakinkan diri sendiri dan buang jauh-jauh segala ketakutan mengenai kegagalan.

Kegagalan memang bisa saja terjadi, namun seorang pebisnis sejati pasti akan mampu  bangkit dan bisa belajar dari kegagalan tersebut. Jangan mencoba untuk mundur ketika tidak  berjalan sesuai dengan rencana Anda.

Mempunyai beberapa usaha memang mampu memberikan Laba yang berlipat.  Namun di sisi lain bisa merusak fokus Anda yang justru berakibat pada kerugian.  Jangan tergesa-gesa ingin menambah keuntungan dengan mendirikan bisnis kedua.  Pastikan bisnis yang saat ini sedang berjalan sudah benar-benar kokoh, baik dari segi modal, SDM, maupun  kebutuhan-kebutuhan lainnya. Bila sudah kokoh, barulah buat rencanan usaha selanjutnya.

Anda juga dapat mengikuti seminar maupun online course, ataupun ikut pelatihan internet marketing Menjadi seorang pengusaha berarti bersedia untuk selalu belajar, belajar dan belajar. Saat ini Anda  dapat mempelajari berbagai hal tentang memulai bisnis dari berbagai sumber seperti media sosial,  website, berbincang dengan sesama pebisnis, mengikuti pelatihan dan lain sebagainya.

Selain itu Anda pun harus terbuka terhadap kritik, saran dan nasihat dari orang lain .  Ini akan sangat berguna untuk menilai usaha Anda agar terus maju. Jangan lupa untuk meriset pasar sebelum Anda memulai bisnis. Anda harus mempelajari dinamika pasar, siapa yang akan menjadi kompetitor serta bagaimana karakteristik target pasar usaha Anda.

Manajemen waktu bisa menjadi hal sulit untuk dilakukan orang-orang yang memulai bisnis dari nol.  Anda menganggap usaha masih kecil sehingga tidak memerlukan pengelolaan yang terus menerus.  Ingat, orang akan menjadi bisa ketika terbiasa.

Padahal disiplin waktu sangat penting untuk diterapkan baik untuk bisnis kecil atau besar.  Tentukan jam operasional bisnis Anda. Ini akan membantu Anda disiplin terhadap waktu kerja  dan lebih produktif setiap hari.

Meskipun Anda memulai usaha baru dengan modal, bahan baku dan produksi yang masih minim,  Anda sudah harus mengelola keuangan dengan baik. Manajemen keuangan tidak dilakukan ketika  usaha sudah tumbuh dan besar. Pengelolaan keuangan bisnis yang dilakukan sejak awal akan  mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis. Latih diri Anda untuk mencatat segala  transaksi yang dilakukan baik sebelum maupun setelah penjualan.

Dengan kemajuan teknologi, pengelolaan keuangan bisnis kini semakin mudah dilakukan,
bahkan bagi Anda yang tidak mempunyai basic di bidang akuntansi. Gunakan software akuntansi  pembukuan untuk mempermudah pencatatan keuangan secara efektif.

Melalui pembukuan, Anda juga dapat melihat laporan keuangan kapan saja dan di mana saja sehingga  Anda dapat melakukan pengambilan keputusan bisnis dengan cepat

Memulai bisnis dan membangun motivasi bisnis yang kuat adalah melakukan sejumlah  langkah awal memulai bisnis, yaitu: Punya Mimpi Besar, Bekerja Berdasarkan Passion, Belajar dari Orang Sukses, Support Keluarga, Menghadapi Persaingan.

Rintangan ini tidak jarang menyebabkan pengusaha mundur sebelum berkembang.  Tidak kuat dan stress melihat usaha yang dibangun lambat berkembang, penjualan seret, sementara dana dan tenaga sudah banyak dicurahkan. Akhirnya memilih mundur, menyerah. Ibarat kepompong, usahanya gagal menjadi kupu – kupu  yang bisa terbang.

Statistik dari lembaga survei enterpreunership menunjukkan bahwa sebagian besar pengusaha  yang buka bisnis sendiri, gagal pada tahap awal.

Saya menduga bahwa kegagalan mempertahankan keadaan menjadi penyebab utama  banyak pengusaha pemula tumbang di masa – masa awal.

Namun, bukan berarti bahwa bakat bisnis tidak bisa dilatih atau dibangun. Buktinya,  pengusaha yang sekarang sukses, umumnya bisa bertahan dan lolos dari masa – masa paling kelam.

Riset Pasar Perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis yang dipilih memiliki prospek dan  memahami jalur persaingan dalam bisnis tersebut. Membentuk Tim. Salah satu kunci keberhasilan merintis usaha baru adalah dukungan tim yang kuat  karena tidak mungkin semua hal kita kerjakan sendiri, perlu ada tim dengan SDM yang solid. Membangun Produk dan Model Bisnis. Berhasil tidaknya usaha salah satunya tergantung dari  barang yang dijual.

Sumber Modal Dalam membangun usaha, agar berkelanjutan, perlu mempertimbangkan sumber  permodalan, apakah akan mengandalkan modal sendiri (bootstrapping) atau mencari investor. Ini adalah hal – hal dasar yang perlu Anda pertimbangkan ketika membangun bisnis sendiri.

Merintis Usaha Baru Online
Kenapa Perlu Bisnis Online ? Kenapa merintis usaha baru perlu strategi online ? Paling utama adalah pasar digital dan e-commerce di Indonesia sangat besar dan terus tumbuh.

Menurut laporan Google dan Temasek Singapore 2018, “The Indonesian internet economy,  the largest and fastest growing in the region, reached $27 billion in 2018 and is poised to  grow to $100 billion by 2025.”

web developer murahLaporan Google Ekonomi Internet Indonesia (sumber: Google)
Digital marketing tidak membatasi jangkauan promosi produk atau jasa. Menjangkau seluruh kalangan,  dimanapun berada, status sosial, tanpa membeda-bedakan calon pembeli.

Kondisi geografis Indonesia yang kepulauan sangat cocok dengan digital. Banyak orang lebih mudah  dijangkau dengan kampanye online. Manfaat lain digital adalah biaya promosi menjadi relatif lebih terjangkau. Sesuai dengan sifat usaha  kecil dimana pertimbangan biaya menjadi faktor utama.

Ada banyak fasilitas gratis promosi di Internet. Buat website secara gratisan bisa, atau menggunakan jsa pembuatan website, iklan di Facebook  atau Instagram itu gratis, dan lain sebagainya.

Promosi di digital, lewat forum atau facebook comment, dianggap konsumen lebih ‘jujur’ dibandingkan  promosi iklan karena pengguna bisa terbuka mengungkapkan komplain dan pengalaman mereka.

Itu sebabnya pengalaman yang baik bisa menjadi iklan ‘viral’ yang gratis di digital dan online.  Konsumen dengan senang hati menyebarkan berita bagus soal brand tersebut.

Tetapi, disisi lain, bisa jadi masalah jika ada berita buruk. Cepat sekali menjadi viral berita buruk. Itu sebabnya perlu strategi dan cara melakukan bisa online, khususnya dalam hala pemasaran online  yang tepat untuk mengelola kampanye di online dan sosial media.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memulai bisnis online yang efektif. Apa langkah dan  jenis jenis pemasaran online yang bisa diterapkan usaha kecil dan menengah ? apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha online, anda harus Punya Website, Membangun Sosial Media, Pahami Facebook Ads, Pahami Google Adwords.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk anda semua, jika anda membutuhkan jasa
pembuatan website company profile atau website pribadi, anda bisa menghubungi kami disini. terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
×

digital website developer berpengalamanSilahkan Ajukan Pertanyaan dan Penawaran Anda, Klik Salah Satu Perwakilan Kami, Kami akan dengan Senang Hati Membantu Anda !! 

× AJUKAN PENAWARAN LANGSUNG,